Pages

Pages

M.IN'AMUL AUFA. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Jumat, 22 Juni 2012

TUGAS LEMBAGA PEREKONOMIAN UMAT

Tugas Untuk Nilai UTS dikerjakan 10 (sepuluh) soal saja diketik dan dikirim ke email windrastain@ymail.com memakai email pribadi masing-masing mahasiswa. Dalam lembar jawaban di tulis NIM, NAMA, JURUSAN, PRODI, paling lambat tanggal 30 juni 2012
1. Hal-hal apa saja yang termasuk dalam bahasan lembaga perekonomian umat, disertai contoh ?
2. Jelaskan fungsi dan tujuan lembaga-lembaga keuangan Islam khususnya multifinance syariah!
3. Apakah Baitul Maal wat Tamwil itu ? Apa hubungannya dengan lembaga perekonomian umat, berikan pendapat saudara ?
4. Bagaimana cara mendirikan Koperasi Syariah/BMT, jelaskan degan skema!
5. Salah satu hadist nabi adalah sebagai berikut artinya: “Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tida sumber, yaitu dari sodaqoh jariyah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bias diambil manfaatnya, dan anak sholeh/sholehah yang mendoakanya.” Jelaskan kaitan antara hadits tersebut dengan konsep wakaf!
6. Jelaskan konsep-konsep yang mendasari asuransi syariah sehingga jelas perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional!
7. Bagaimana urgensi dan peran Lembaga Perekonomian Umat bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat?
8. Hal-hal apa saja yang termasuk dalam bahasan lembaga perekonomian umat, disertai contoh ?
9. Coba uraikan lembaga perekonomian umat yang dikaji dalam sejarah Islam ?
10. Mengapa zakat termasuk dalam lembaga perekonomian umat, coba berikan alasan yang sesuai dalam rangka peningkatan perekonomian umat ?
11. Sebutkan beberapa lembaga perekonomian umat yang terdapat di daerahmu dan apa manfaat yang kamu rasakan dari lembaga tersebut?
12. Zakat, Infaq dan Shodaqoh adalah instrument-instrumen yang memiliki kedudukan penting dalam ekonomi Islam. Jelaskan nilai penting tersebut, dan jelaskan perbedaan dan persamaan zakat, infaq dan shodaqoh.
13. Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 275 mengatakan bahwa “Orang yang mengulang memakan riba akan masuk neraka dan kekal didalamnya”. Mengapa bisa demikian? Jelaskan!
14. Manusia diciptakan sebagai khalifah dan tujuannya hanya beribadah kepada Alloh. Jelaskan tujuan dan fungsi penciptaan manusia tersebut dalam kaitannya dengan ekonomi Islam!
15. Berikan satu contoh serta jelaskan ayat dalam Al-Qur’an yang menunjukkan anjuran kaum muslim untuk bekerja keras dalam memproduksi harta benda!
16. Dalam berkonsumsi, Al-Qur’an telah mengambil jalan tengah antara paham ekstrim yaitu paham materialisme dan paham asketisme, jelaskan hal tersebut!
17. Ekonomi Islam mengenal dua mekanisme distribusi harta, sebutkan dua mekanisme distribusi harta tersebut dan jelaskan!
18. Ekonomi Islam dalam kehidupan nyata dapat diwujudkan dalam operasional lembaga keuangan/bank syariah. Sebutkan dan jelaskan 4 (empat) transaksi keuangan syariah yang kamu ketahui!
19. Harta yang kita miliki melekat tiga tanggungjawab utama. Sebutkan dan jelaskan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

JANGAN LUPA KRITIK DAN SARANNYA YACH....

Loading...

Total Tayangan Laman

Mengenai Saya

Foto Saya
TULUNG AGUNG, jatim, Indonesia
buku tamu
 

Blogger news

Blogroll

About